4/02/2013 03:40:00 PM
8
Kamu ingin tahu bagaimana caranya swap kartu memori internal dengan kartu memori eksternal pada Android, sehingga kamu dapat bermain game2 seperti Asphalt 7 dan banyak permainan lainnya yang membutuhkan memori penyimpanan yang besar.
Untuk melakukan Swap external SDcard menjadi internal Sdcard memerlukan akses root sehingga pastikan handheld sudah di Rooting…

Kami tidak bertanggungjawab atas kesalahan atau kerusakan yang disebabkan oleh langkah-langkah di bawah. Tidak ada garansi apapun yang diberikan. Silahkan ambil risiko sendiri.

Berikut Ini cara edit vold.fstab android
1.Buka Root Explorer, kalo belum punya donlot disini

2.Pergi ke folder System/etc

3.Cari file vold.fstab kemudian Backup aja dulu ( Jika menggunakan root explorer file yang asli akan dicopy jadi vold.fstab.bak atau biar lebih aman lagi backup melalui Recovery Mode )



4.Setelah itu edit vold.fstab, perhatikan contoh2 command dibawah ini hanya tukar posisi yang ditandai warna merah:

Contoh vold.fstab dari Sony Experia GO
dev_mount sdcard /mnt/sdcard 14 /devices/sdi4/mmc_host/mmc1/mmc1
dev_mount ext_card /mnt/ext_card auto /devices/sdi3/mmc_host/mmc3/mmc3

edit yang diatas menjadi:

dev_mount sdcard /mnt/ext_card 14 /devices/sdi4/mmc_host/mmc1/mmc1
dev_mount ext_card /mnt/sdcard auto /devices/sdi3/mmc_host/mmc3/mmc3

Contoh vold.fstab dari IMO S88
dev_mount sdcard /mnt/sdcard emmc@fat /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host
dev_mount sdcard /mnt/sdcard2 auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.1/mmc_host
Setelah di edit menjadi:
dev_mount sdcard /mnt/sdcard2  emmc@fat /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host
dev_mount sdcard /mnt/ sdcard auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.1/mmc_host

Contoh vold.fstab dari Samsung Galaxy SII I9100
dev_mount sdcard /storage/sdcard0 11 /devices/platform/dw_mmc/mmc_host/mmc0/mmc0 encryptable_nonremovabledev_mount sdcard1 /storage/extSdCard auto /devices/platform/s3c-sdhci.2/mmc_host/mmc1

Di edit menjadi:

dev_mount sdcard /storage/sdcard0 auto /devices/platform/s3c-sdhci.2/mmc_host/mmc1dev_mount sdcard1 /storage/extSdCard  11 /devices/platform/dw_mmc/mmc_host/mmc0/mmc0 encryptable_nonremovable

Contoh vold.fstab dari Tablet ADVAN VANDROID T4i
dev_mount sdcard /mnt/sdcard/external_sdcard auto /devices/platform/AMLOGIC_CARD/card_host/memorycard0 /devices/platform/aml_sd_mmc.0
dev_mount flash /mnt/sdcard auto /devices/virtual/mtd/mtd8/avnftl8 /devices/platform/mtd/mtd8/avnftli
menjadi:
dev_mount flash /mnt/sdcard auto /devices/platform/AMLOGIC_CARD/card_host/memorycard0 /devices/platform/aml_sd_mmc.0
dev_mount sdcard /mnt/sdcard/external_sdcard auto /devices/virtual/mtd/mtd8/avnftl8 /devices/platform/mtd/mtd8/avnftli
8. Pastikan tidak ada yang dirubah selain text yang berwarna merah. Karena bila yang lain diubah maka bisa menyebabkan bootloop. Setelah kita rubah kemudian Pilih Menu dan save.

9. Reboot
Tidak semua command vold.fstab disetiap ponsel ataupun tablet sama seperti diatas. Silahkan mencoba


8 komentar:

  1. Bos kalau untuk imo tab zone gmna saya kan salah edit fstab nya trus lang sung bootlop deh bis abuka tablet dengan tancep usb ke komputer .tablet nyala normal cuma memori internal ga kebaca ... nah gmna cara edit vold fstab aslinya...agar kembalu seperti awal...trims buanyak

    BalasHapus
  2. gan kalo untuk new LG L3 gmana caranya,..

    BalasHapus
  3. Kalau untuk Galaxy S3 bagaimana caranya....?

    BalasHapus
  4. gan klo untuk LG optimus L7 p705 gimana???? mohon pencerahannya,,,, ga bales berarti blog cacat????

    BalasHapus
  5. Kalau buat galaxy trend s7560 ngedit nya gmn gan...??

    BalasHapus
  6. thanx bro infonya... kebetulan ane baru coba pakai android nih

    BalasHapus
  7. kalau untuk samsung galaxy s3 mini
    gw lagi butuh banget karna ane mau buat mod gta sa android

    BalasHapus
  8. Untuk samsung young s6310 support gak?

    BalasHapus