kali ini mengenai cara mengunci dan menyembunyikan rumus atau formula yang ada di Ms Excel. Saat menggunakan Microsoft Excel kadang ada rumus-rumus tertentu yang digunakan untuk mempermudah dalam penghitungan. Secara default Rumus-rumus yang kita buat tersebut akan tampak pada menu bar fungsi, jadi bisa di pelajari atau di ubah oleh orang lain yang membuka file excel kita. Supaya tidak bisa di edit dan di pelajari oleh orang lain kita bisa menyembunyikan dan mengunci rumus atau formula di excel tersebut. Jadi apabila ada orang yang membuka file excel kita, ia tidak bisa melihat atau merubah rumus yang ada di excel tersebut. Untuk menyembunyikan dan menguncinya caranya sebagai berikut:

Cara Menyembunyikan Rumus atau Formula di Microsoft Excel

1. Secara default seluruh cell dalam lembar kerja excel dalam kondisi terkunci atau locked. Untuk itu pilih semua cell dengan cara tekan Ctrl + A pada keyboard. Setelah itu tekan Ctrl + 1 untuk membuka jendela Custom lists.

2. Pada jendela custom lists klik pada tab Protection. Kemudian hilangkan tanda centang pada Locked. Dan Klik OK. Dari sini semua cell sudah tidak terkunci.

3. Blok cell yang terdapat rumusnya ( atau sesuai keinginan )

4. Buka kembali jendela Custom Lists dan pilih Tab Protection.

5. Beri tanda centang atau aktifkan Locked dan hidden kemudian klik OK

6. Pada menu Home, klik Format dan pilih Protect Sheet

7. Pada jendela yang muncul aktifkan atau beri tanda centang pada pilihan yang mau di kunci di allow all users of this worksheet to :

8. Pada password to unprotect sheet, masukkan password anda dan klik OK

9. Muncul confirm password, masukkan lagi password anda. Klik OK

10.Simpan data anda dengan menekan tombol Ctrl + S.

11.Untuk membuka kunci atau unprotect sheet bisa dilakukan pada Format kemudian pilih Unprotect Sheet dan masukkan password anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top